Kamis, 19 November 2015

Giving Announcements Syllabus

SILABUS 9
Giving Announcements

Mata Pelajaran                    : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan              : SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU
Kelas/Semester                    : X/1

Kompetensi Inti :
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksa-nakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku
       tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksa-nakan komunikasi fungsional.







Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar
3.8 Menganalisis fungsisosial, struktur teks, danunsur kebahasaan dariteks pemberitahuan(announcement), sesuaidengan konteks penggu-naannya.

4.11Menangkap maknapemberitahuan(announcement)
.
4.12 Menyusun teks tulispemberitahuan(announcement), sangatpendek dan sederhana,dengan memperhatikanfungsi sosial, strukturteks, dan unsurkebahasaan yang benardan sesuai konteks.

























• Mampumemahamicontoh tekspemberitahuan.

• Mampumeresponsmakna dari tekspemberitahuanpendek dansederhana.

•   Mampu  menyampaikanpemberitahuan/
(announcement)secara lisan.

• Mampumembuat teks pemberitahuan/
(announcement)tulis, sesuaidengan fungsisosial, strukturteks, dan unsurkebahasaanyang benar dansesuai konteks.

Teks pemberitahuan(announcement) lisan
dan tulis.

Fungsi Sosial
Memberi informasidengan atau tanpaperintah atau petunjukyang harus diikuti, untukmemperlancar informasiantara guru, pesertadidik, kepala sekolah,dan staf administrasi.

Struktur Teks
Ungkapan yang lazimdigunakan dalam teks
pemberitahuan(announcement) secaraurut dan runtut.

Unsur Kebahasaan
Kosakata, tata bahasa,ucapan, rujukan kata,tekanan kata, intonasi,ejaan, dan tanda bacayang tepat, denganpengucapan yang lancardan penulisan dengantulisan tangan atau cetakyang jelas dan rapi.

Multimedia
Layout, dekorasi, yangmembuat tampilan teks
lebih menarik.

Mengamati
• Peserta didik mendengarkan/membaca teks pemberitahuandengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, unsurkebahasaan, maupun formatpenyampaian/penulisannya.
• Peserta didik menirukanpengucapan teks yangdiperdengarkan secaraterbimbing.
• Peserta didik belajar membacacepat untuk mendapatgambaran umum dari teksmelalui proses skimmingdanscanninguntuk mendapatkaninformasi khusus.

Menanyakan
Dengan bimbingan dan arahanguru, peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan berbagaiteks pemberitahuan/pengumumandalam bahasa Inggris, perbedaan teks pemberitahuan/pengumumandengan yang ada dalam bahasaIndonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dansebagainya

Mengeksplorasi
• Peserta didik mencari teks lainuntuk lebih memperdalampemahaman tentang tekspemberitahuan dari berbagaisumber.
• Peserta didik berlatih membuatteks pemberitahuan denganberbagai konteks situasi secaraberpasangan atau kelompok

Mengasosiasi
• Peserta didik menganalisis tekspemberitahuan sesuai denganformat penulisan.
• Peserta didik membandingkanteks pemberitahuan yangdidengar/dibacakan oleh gurudengan yang dipelajari dariberbagai sumber lain, lalumendiskusikan hasilnya.
• Peserta didik memperolehbalikan (feedback) dari guru danteman tentang fungsi sosial danunsur kebahasaan yangdisampaikan dalam kerjakelompok.



Mengomunikasikan
• Peserta didik menyampaikanpemberitahuan lisan dan tulisdengan memperhatikan fungsisosial, struktur, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuai konteks.
• Peserta didik menuliskanpermasalahan menggunakanbahasa Inggris dalam membuatpemberitahuan dalam jurnalbelajar (learning journal).

• Pencapaian fungsisosial.
• Kelengkapan dankeruntutan strukturteks pemberitahuan
(announcement).
• Ketepatan unsurkebahasaan: tatabahasa, kosakata,ucapan, tekanankata, intonasi,ejaan, dan tulisantangan.
• Kesesuaian formatpenulisan/penyampaian.

Cara Penilaian

Kinerja (Praktik)
• Ketepatan dankesesuaian dalammenggunakanstruktur teks danunsur kebahasaandalam tekspemberitahuan(announcement).

Observasi

Sasaran Penilaian:
• Perilaku santun,tanggung jawab,peduli, kerjasama,dan cinta damaidalam melakukankomunikasi.
• Kesungguhanpeserta didikdalam melaksana-kan proses pembelajaran.
• Ketepatan dankesesuaianmenggunakanstrategi dalamberkomunikasi.

Portofolio
• Kumpulan catatankemajuan belajarberupa catatanatau rekamanmonolog tekspemberitahuan.






• Kumpulan karyapeserta didik yangmendukung prosespenulisan tekspemberitahuan(announcement)berupa:  draf,revisi, editingsampai hasilterbaik untukdipublikasikan.
• Kumpulan hasil tesdan latihan.

Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar.

2 jp
·       Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK untuk Kelas X Semester 1, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

·       Buku Guru Bahasa Inggris SMA/MA/ SMK/MAK untuk Kelas X Semester 1,  Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

·       PR Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK XA,  Klaten, Intan Pariwara, 2014.

·       PG Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/ MAK XA,  Klaten, Intan Pariwara, 2014.

·       Sumber dari internet: http://pendek.in/ i6w7.

·       Lingkungan sekolah dan rumah.

·       CD listening dan pemutar  VCD/DVD/komputer/ laptop.

·       Buku-buku lain yang relevan.

3.11 Menyebutkan fungsisosial dan unsurkebahasaan dalam lagusederhana.

4.16Menangkap makna lagusederhana.



























• Mampumemahamifungsi sosialdan unsurkebahasaandalam lagu.

• Mampumemahami isilirik lagu.

• Mampumemahami danmenyampaikanpesan dalamlirik lagu.

Lagu sederhana

Fungsi Sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, meng-ajarkan pesan moral.

Unsur Kebahasaan
1) Kosakata, ungkapan,dan tata bahasadalam karya seniberbentuk lagu.
2) Ejaan dan tulisantangan dan cetakyang jelas dan rapi.
3) Ucapan, tekanankata, intonasi, ketikamempresentasikansecara lisan.

Topik
Keteladanan tentangperilaku yangmenginspirasi.

Mengamati
• Peserta didik mendengarkan/membaca lirik lagu berbahasaInggris dan menyalinnya.
• Peserta didik menirukanpengucapan denganmenyanyikan sesuai dengan laguyang didengar.

Menanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru,peserta didik mempertanyakanantara lain pesan yang ada dalamlagu bahasa Inggris dan perbedaan
lagu dalam bahasa Inggris denganlagu dalam bahasa Indonesia.

Mengeksplorasi
• Peserta didik menyanyikan laguyang disalin dengan pengucapandan tekanan kata yang tepat.
• Peserta didik berdiskusi tentangpesan dalam lagu.

Mengasosiasi
• Peserta didik membuat kumpulanlagu-lagu sesuai dengan topik,dengan menyalinnya.
• Peserta didik berusaha mema-hami pesan lagu yang telah mereka kumpulkan dan mengasosiasikannya dengankehidupan sesungguhnya.
Mengomunikasikan
Peserta didik menyampaikan pesanlagu yang bisa mereka tangkap danpahami dari lagu yang ada di bukumaupun yang mereka salin
Kriteria Penilaian
• Pencapaian fungsisosial.
• Ketepatan unsurkebahasaan: tatabahasa, kosakata,ucapan, tekanankata, intonasi,ejaan, dan tulisantangan.

Cara Penilaian

Observasi
• Perilaku santun,tanggung jawab,peduli, kerjasama,dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi.
• Ketepatan dankesesuaian dalampengucapan danpenyalinan liriklagu.
• Kesungguhanpeserta didik dalammelaksanakan proses pembelajaran.

Portofolio
• Kumpulankemajuan pesertadidik berupakumpulan laguyang disalindengan tulisantangan besertapesan lagutersebut.

1 jp
•PR Bahasa InggrisSMA/MA/SMK/MAK XA, Klaten,Intan Pariwara,2014.

• PG Bahasa InggrisSMA/MA/SMK/MAK XA, Klaten,Intan Pariwara,2014.

• Sumber dariInternet: http://www.seekalyric.com/song/Paul_Anka/Papa#.U4yrKyLSjCM

•CD/DVDmusik danpemutarnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar