SILABUS 9
Giving Announcements
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU
Kelas/Semester : X/1
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan
teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksa-nakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksa-nakan komunikasi fungsional.
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.8
Menganalisis fungsisosial, struktur teks, danunsur kebahasaan dariteks
pemberitahuan(announcement), sesuaidengan konteks penggu-naannya.
4.11Menangkap
maknapemberitahuan(announcement)
.
4.12
Menyusun teks tulispemberitahuan(announcement), sangatpendek dan
sederhana,dengan memperhatikanfungsi sosial, strukturteks, dan
unsurkebahasaan yang benardan sesuai konteks.
|
•
Mampumemahamicontoh tekspemberitahuan.
•
Mampumeresponsmakna dari tekspemberitahuanpendek dansederhana.
• Mampu
menyampaikanpemberitahuan/
(announcement)secara
lisan.
•
Mampumembuat teks pemberitahuan/
(announcement)tulis,
sesuaidengan fungsisosial, strukturteks, dan unsurkebahasaanyang benar
dansesuai konteks.
|
Teks
pemberitahuan(announcement) lisan
dan tulis.
Fungsi
Sosial
Memberi
informasidengan atau tanpaperintah atau petunjukyang harus diikuti,
untukmemperlancar informasiantara guru, pesertadidik, kepala sekolah,dan staf
administrasi.
Struktur
Teks
Ungkapan
yang lazimdigunakan dalam teks
pemberitahuan(announcement)
secaraurut dan runtut.
Unsur
Kebahasaan
Kosakata,
tata bahasa,ucapan, rujukan kata,tekanan kata, intonasi,ejaan, dan tanda
bacayang tepat, denganpengucapan yang lancardan penulisan dengantulisan
tangan atau cetakyang jelas dan rapi.
Multimedia
Layout,
dekorasi, yangmembuat tampilan teks
lebih
menarik.
|
Mengamati
• Peserta
didik mendengarkan/membaca teks pemberitahuandengan memperhatikan
fungsisosial, struktur teks, unsurkebahasaan, maupun
formatpenyampaian/penulisannya.
• Peserta
didik menirukanpengucapan teks yangdiperdengarkan secaraterbimbing.
• Peserta
didik belajar membacacepat untuk mendapatgambaran umum dari teksmelalui
proses skimmingdanscanninguntuk mendapatkaninformasi khusus.
Menanyakan
Dengan
bimbingan dan arahanguru, peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan
berbagaiteks pemberitahuan/pengumumandalam bahasa Inggris, perbedaan teks pemberitahuan/pengumumandengan
yang ada dalam bahasaIndonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain,
dansebagainya
Mengeksplorasi
• Peserta
didik mencari teks lainuntuk lebih memperdalampemahaman tentang tekspemberitahuan
dari berbagaisumber.
• Peserta
didik berlatih membuatteks pemberitahuan denganberbagai konteks situasi
secaraberpasangan atau kelompok
Mengasosiasi
• Peserta
didik menganalisis tekspemberitahuan sesuai denganformat penulisan.
• Peserta
didik membandingkanteks pemberitahuan yangdidengar/dibacakan oleh gurudengan
yang dipelajari dariberbagai sumber lain, lalumendiskusikan hasilnya.
• Peserta
didik memperolehbalikan (feedback) dari guru danteman tentang fungsi sosial
danunsur kebahasaan yangdisampaikan dalam kerjakelompok.
Mengomunikasikan
• Peserta
didik menyampaikanpemberitahuan lisan dan tulisdengan memperhatikan
fungsisosial, struktur, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuai konteks.
• Peserta
didik menuliskanpermasalahan menggunakanbahasa Inggris dalam
membuatpemberitahuan dalam jurnalbelajar (learning journal).
|
• Pencapaian fungsisosial.
• Kelengkapan dankeruntutan strukturteks
pemberitahuan
(announcement).
• Ketepatan unsurkebahasaan: tatabahasa,
kosakata,ucapan, tekanankata, intonasi,ejaan, dan tulisantangan.
• Kesesuaian formatpenulisan/penyampaian.
Cara Penilaian
Kinerja (Praktik)
• Ketepatan dankesesuaian dalammenggunakanstruktur
teks danunsur kebahasaandalam tekspemberitahuan(announcement).
Observasi
Sasaran
Penilaian:
• Perilaku
santun,tanggung jawab,peduli, kerjasama,dan cinta damaidalam
melakukankomunikasi.
•
Kesungguhanpeserta didikdalam melaksana-kan proses pembelajaran.
•
Ketepatan dankesesuaianmenggunakanstrategi dalamberkomunikasi.
Portofolio
• Kumpulan
catatankemajuan belajarberupa catatanatau rekamanmonolog tekspemberitahuan.
• Kumpulan
karyapeserta didik yangmendukung prosespenulisan
tekspemberitahuan(announcement)berupa: draf,revisi, editingsampai hasilterbaik
untukdipublikasikan.
• Kumpulan
hasil tesdan latihan.
Penilaian
Diri
Bentuk:
jurnal belajar.
|
2 jp
|
·
Bahasa
Inggris SMA/MA/SMK/MAK untuk Kelas X Semester 1, Jakarta, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
·
Buku Guru
Bahasa Inggris SMA/MA/ SMK/MAK untuk Kelas X Semester 1, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014.
·
PR Bahasa
Inggris SMA/MA/SMK/MAK XA, Klaten,
Intan Pariwara, 2014.
·
PG Bahasa
Inggris SMA/MA/SMK/ MAK XA, Klaten,
Intan Pariwara, 2014.
·
Lingkungan
sekolah dan rumah.
·
CD
listening dan pemutar
VCD/DVD/komputer/ laptop.
·
Buku-buku
lain yang relevan.
|
|
3.11
Menyebutkan fungsisosial dan unsurkebahasaan dalam lagusederhana.
4.16Menangkap
makna lagusederhana.
|
•
Mampumemahamifungsi sosialdan unsurkebahasaandalam lagu.
•
Mampumemahami isilirik lagu.
•
Mampumemahami danmenyampaikanpesan dalamlirik lagu.
|
Lagu
sederhana
Fungsi
Sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, meng-ajarkan pesan moral.
Unsur
Kebahasaan
1)
Kosakata, ungkapan,dan tata bahasadalam karya seniberbentuk lagu.
2) Ejaan
dan tulisantangan dan cetakyang jelas dan rapi.
3) Ucapan,
tekanankata, intonasi, ketikamempresentasikansecara lisan.
Topik
Keteladanan
tentangperilaku yangmenginspirasi.
|
Mengamati
• Peserta
didik mendengarkan/membaca lirik lagu berbahasaInggris dan menyalinnya.
• Peserta
didik menirukanpengucapan denganmenyanyikan sesuai dengan laguyang didengar.
Menanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru,peserta didik mempertanyakanantara lain pesan yang
ada dalamlagu bahasa Inggris dan perbedaan
lagu dalam
bahasa Inggris denganlagu dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
• Peserta
didik menyanyikan laguyang disalin dengan pengucapandan tekanan kata yang
tepat.
• Peserta didik
berdiskusi tentangpesan dalam lagu.
Mengasosiasi
• Peserta
didik membuat kumpulanlagu-lagu sesuai dengan topik,dengan menyalinnya.
• Peserta
didik berusaha mema-hami pesan lagu yang telah mereka kumpulkan dan mengasosiasikannya
dengankehidupan sesungguhnya.
Mengomunikasikan
Peserta
didik menyampaikan pesanlagu yang bisa mereka tangkap danpahami dari lagu
yang ada di bukumaupun yang mereka salin
|
Kriteria
Penilaian
•
Pencapaian fungsisosial.
•
Ketepatan unsurkebahasaan: tatabahasa, kosakata,ucapan, tekanankata,
intonasi,ejaan, dan tulisantangan.
Cara
Penilaian
Observasi
• Perilaku
santun,tanggung jawab,peduli, kerjasama,dan cinta damai dalam melaksanakan
komunikasi.
•
Ketepatan dankesesuaian dalampengucapan danpenyalinan liriklagu.
•
Kesungguhanpeserta didik dalammelaksanakan proses pembelajaran.
Portofolio
•
Kumpulankemajuan pesertadidik berupakumpulan laguyang disalindengan
tulisantangan besertapesan lagutersebut.
|
1 jp
|
•PR Bahasa
InggrisSMA/MA/SMK/MAK XA, Klaten,Intan Pariwara,2014.
• PG Bahasa
InggrisSMA/MA/SMK/MAK XA, Klaten,Intan Pariwara,2014.
•CD/DVDmusik
danpemutarnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar